Saturday, May 3, 2008

Metode belajar bersama alam

Di era yang serba modern dan instan sekarang, teknik belajar bersama alam sangat digemari oleh masyarakat perkotaan. Maklum dengan suasana pendidikan di daerah metropolitan yang serba cepat dan sesak, belajar terkesan hanya sekedar sebagai pemenuhan kewajiban individu. Sehingga meninggalkan unsur yang sangat penting dari belajar yaitu rasa asyik atau senang ketika menjalaninya.

Metode belajar bersama alam memang sudah dikenal sejak dulu oleh para pakar pendidikan. Akhir ini banyak instansi pendidikan seperti sekolah, lembaga bimbingan belajar, training center yang menawarkan metode ini. Karena sangat efektif untuk merangsang peserta belajar untuk lebih aktif dalam interaksi belajar. Dengan suasana alam yang alami dan fresh akan sangat mendukung kondisi peserta/siswa tetap pada kondisi prima. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan pada liburan semester atau liburan yang lainnya.
Lokasi pun haruslah dipilih yang masih alami seperti puncak perbukitan, pantai, taman, atau tempat wisata yang ada di sekitar lingkungan sekolah.







2 comments:

Zulfikar Ch said...

salam kenal kk...
saya malah teringat pepatah minang..
"Alam takambang jadi guru"
yach bener banget sumber ilmu itu dari alam semua nya kalau kita mau berlajar

Anonymous said...

Mencermati alam dan bertadabbur...
asyik yah :D